[Review] - Berbagi Kebahagiaan Walaupun Terpisah Jauh Melalui Belanja Online di Klik Indomaret

Posting Komentar

Hidup sebagai anak kos-an banyak yang bisa dikenang ya, kan? Walaupun nyatanya pahit kalau ditelan, namun punya tempat tersendiri di hati.

Kali ini saya tidak akan mengisahkan pengalaman saya ngekos selama kuliah, namun ini cerita adik saya yang pada waktu itu sibuk magang sambil skripsian di kos-an yang punya kamar tiga tapi yang terisi cuman 1 kamar.

Sebenarnya kos-an tersebut pada awalnya rumah seperti pada umumnya dan memang rumah itu adalah rumah tante saya. Namun sudah beberapa tahun tante pindah domisili, akhirnya rumah itu dikontrakkan untuk mahasiswa. Kebetulan waktu kejadian hanya tinggal adik saya yang masih ‘hidup’.

Tidak, tenang, ini bukan cerita horor yang ada makhluk gaibnya, kok. Tapi ini cerita horor versi lainnya, kalau saya sebut pahit manis ketir kehidupan ngekos.

Cerita Adik di Perantauan Bersama Klik Indomaret

anak kos

Adik saya waktu itu bercerita ia kehabisan air minum di kos-an. Kondisinya saat itu motor mogok karena sudah lama tidak diservice, menelepon abang-abang galon tidak memungkinkan karena tidak ada menyimpan nomornya, letak kos-an yang lumayan jauh dari depot air minum ulang juga jadi pertimbangan.  Alhasil, bermodal kuota internet yang pas-pas an, ia meng-install aplikasi Klik Indomaret di hp bututnya.

Singkat cerita, ia berhasil membeli air galon tersebut dari modal pesan online. Untung ada Klik Indomaret!

Nah, kalau kisah diatas adalah pengalaman adik saya maka sekarang saya mau cerita panjang kali lebar soal memesan makanan kesukaan banyak keluarga.

Saat ini saya dan keluarga inti sudah pisah pulau. Domisili saya di Sumatera, orangtua dan adik-adik pindah ke Jawa. Jika ditanya mengapa tidak menyusul ke Jawa, alasannya karena saya sudah bersuami dan ia memiliki usaha disini (iya, di Sumatera). Jadi tidak mungkin dong saya menyusul keluarga kesana hihi.

Karena jarak ribuan kilometer yang menyebabkan saya tidak bisa berjumpa sesering ketika kami masih berkumpul di Sumatera, ada rasa keinginan untuk membayar rasa kerinduan itu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengirimkan hadiah melalui pesan online

keluarga yang terpisah

Zaman sekarang dunia digital sudah sangat berkembang, walaupun sebenarnya masyarakat Indonesia lambat ‘disentuh’ oleh hal tesebut. Namun tidak mengapa. Cepat atau lambat dalam perkembangan digital bukan jadi satu alasan untuk tidak saling terhubung.

Dengan jarak ribuan kilometer yang memisahkan kami ternyata bisa di ‘semu’ kan oleh digital ini. Buktinya saya sudah beberapa kali mengirimkan makanan atau barang-barang lainnya dengan bermodal pesan online untuk keluarga yang ada disana.

Semuanya jadi mudah.

Walaupun terpisah jauh, bukan berarti tidak bisa saling terhubung, kan?

Berbagi itu indah

Saat mengirimkan hadiah yang disukai, tidak afdol rasanya kalau diberi tahu dulu. Walaupun barang yang dikirim bisa dijangkau dengan jalan kaki atau dikirim uang terlebih dulu, rasa excited bagi saya yang mengirim ataupun nuansa kaget dari keluarga disana yang menerima tidak terlalu berkesan.

Untuk itu mengirimkan hadiah secara online adalah solusinya.

saling berbagi

Berhubung saya ingin mengirimkan eskrim yang bisa dimakan bersama dan bisa dimakan saat itu juga, saya mulai mencari aplikasi makanan yang bisa memenuhi keinginan saya tersebut.

Syukurlah ada Klik Indomaret yang bisa menjawab kebuntuan saya ini.

Klik Indomaret adalah toko online Indomaret atau tempat belanja online Indomaret; salah satu inovasi dari Indomaret berupa one stop online store yang menyediakan berbagai macam produk dalam satu situs untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen.

Indomaret merupakan perusahaan retail yang sudah melayani konsumen selama lebih dari 27 tahun. Indomaret berkembang sangat pesat dengan jumlah gerai mencapai lebih dari 15.200 yang tersebar di wilayah Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Untungnya saat meng-install aplikasi ini, ukurannya masih bisa ditoleransi oleh handphone China saya. Tidak lebih dari 100 MB dan masih bisa digunakan dengan baik di hp ini.

Mari sini, saya ajak dulu untuk meng-install aplikasi Klik Indomaret melalui store android atau apple kamu. 

Langkah meng-install aplikasi belanja online Klik Indomaret

Pastikan sudah install aplikasi Klik Indomaret ya.

instal aplikasi


1. Setelah sukses install, kamu bisa masuk atau daftar terlebih dahulu menggunakan nomor ponsel

2. Kemudian isi data diri selengkap mungkin, terutama email aktif kamu

3. Lakukan verifikasi melalui kode yang dikirim ke email kamu

4. Selesai. Kamu bisa mulai berbelanja di Klik Indomaret

Di awal membuka aplikasi ini, kamu akan disambut dengan berbagai macam promosi 😍. Sangking banyaknya jadi bingung mau belanja apa.

Kalau scroll ke bawah ada fitur slide promo, berbagai kategori mulai dari makanan, produk virtual, hiburan, produk baru, produk terlaris, produk segar, korean food, japan food, private label, fashion, batik, gadget & elektronik rumah tangga, serta mainan anak.

Produk eksrim ada pada kategori produk segar. Setelah menimbang dan memilih, saya memutuskan membeli 1 produk eskrim dan 1 produk roti.

Ketika sudah selesai memilih belanjaan, saya diarahkan ke keranjang pesanan kemudian tinggal memilih opsi pembayaran, bisa menggunakan e-wallet, mbanking, bahkan COD.

Oh ya, Klik Indomaret menyediakan 2 metode transaksi :

1. Kirim ke alamat : Buat alamat selengkap mungkin dan gunakan pin agar lokasi lebih akurat

2. Ambil di toko : Aplikasi secara otomatis mendeteksi store Indomaret terdekat saat pemesanan.

Karena mau buat kejutan, tentu saya memilih opsi kirim ke alamat. Untuk minimal belanja aplikasi ini adalah Rp50.000. 

Jika nominal belanja kurang dari Rp100.000 maka ongkirnya merogoh kantong Rp5.000 saja. Murah ya.

Jika nominal belanja Rp100.000 maka gratis ongkos kirim dengan pengiriman reguler, artinya kamu bisa memilih waktu pengiriman barang. 

Jika nominal belanja Rp150.000, maka gratis ongkir 0 rupiah dan langsung dikirim dalam satu jam.

Saat itu saya memesan dengan nominal belanja Rp51.000 dan dan waktu pembayaran pukul 11.11 WIB. Inginnya dikirim sekitar pukul 13.00-14.00 namun karena slot pengirim penuh hingga pukul 15.00, akhirnya saya memilih pukul 16.00-17.00 WIB saja. 

paket sampai


Dan memang benar, Kurir Indomaret menyelesaikan dengan baik tugasnya dalam mengirimkan makanan yang saya pesan. Alhamdulillah, keluarga disana sangat senang dalam menerima paket ini. Berbagi kebahagian itu ternyata bisa menambah kebahagian lagi. Jadi makin double bahagianya.

Alasan Kenapa Belanja di Klik Indomaret Itu Mudah dan Aman

Dari pengalaman saya dan adik menggunakan Klik Indomaret, memesan barang yang kami butuhkan dengan tujuan membahagiakan diri sendiri atau orang lain ternyata banyak nilai lebihnya yang saya simpulkan seperti ini. 

kelebihan aplikasi klik indomaret

1. Aplikasi ringan

Untuk handphone kentang seperti punya saya, memilih untuk men-install aplikasi baru tidaklah mudah. Pasti menimbang-nimbang dahulu apakah sangat penting atau tidak perlu sama sekali. 

Syukurlah, ukuran aplikasi hanya 49 MB dan tidak menyita memori hp sehingga tidak mengganggu aktifitas aplikasi lainnya.

2. Tersedia semua jenis kebutuhan

Di aplikasi Klik Indomaret, semua jenis kebutuhan tersedia mulai dari barang pokok seperti beras hingga barang tersier seperti handphone. Namun tidak semua store Indomaret menyediakan barang tersier di outletnya langsung. Barang tersier seperti handphone dan batik hanya tersedia di gudang Indomaret pusat.

Klik Indomaret juga menghadirkan layanan produk virtual seperti memenuhi kebutuhan pulsa, voucher game, hingga tiket kereta api. Pokoknya semua serba ada sesuai nilai yang diusungnya one stop online store.

Bagi ibu rumah tangga atau ibu karir yang tidak leluasa untuk bergerak aktif juga bisa menggunakan aplikasi ini agar efisien waktu serta tenaga.

3. Ada promo tiap minggunya

Harga coret! Begitulah biasanya orang-orang menyebut atau lebih terkenal dengan diskon. Klik Indomaret menampilkan barang diberbagai kategori dengan harga coret dan untuk memudahkan calon pembelinya melihat promo tersebut, ada kategori khusus di menu utama. Jadi tidak perlu menghabiskan waktu dengan scrolling lagi.

Selain itu, konsumen juga bisa cek blog Klik Indomaret untuk dapatkan informasi menarik lainnya seputar lifestyle, techno, health & beauty, mom & kids dan lainnya.

4. Ongkir bersahabat

Sudah saya kasih bilang diawal, kalau belanja tidak mencapai Rp100.000, maka tidak perlu membayar ongkos kirim lagi, namun kamu harus menunggu beberapa jam barang sampai. Jika belanja Rp150.000, selain tidak kena ongkos kirim juga barang kamu akan sampai tidak lama lagi.

Untuk minimal belanja di Klik Indomaret adalah Rp50.000. Jika belanjaanmu tidak menyentuh nominal Rp100.000 maka cukup bayar ongkir Rp5.000 saja.

5. Kemudahan dan keamanan bertransaksi online

Klik Indomaret memberikan nilai lebih kepada konsumen dengan menghadirkan berbagai metode pembayaran, seperti transfer ATM, COD dan layanan banking lainnya. 

Walaupun sangat mudah bertransaksi online, harap jangan terlalu gegabah dan tingkatkan ketelitian ya. 

6. Proses pengiriman hingga sampai barang sesuai estimasi waktu di aplikasi

Nah, menurut saya ini jadi faktor penting mengapa suatu aplikasi belanja online sangat dipilih oleh konsumennya. Ya, soal keakuratan dan ketepatan waktu.

Untuk pengalaman belanja di Klik Indomaret, Alhamdulillah waktu pengiriman dan barang sampai sesuai dengan estimasi diaplikasi.

estimasi yang sesuai

Kurir Klik Indomaret pun terlebih dahulu mengonfirmasi alamat melalui nomor yang dipakai pada tahap pendaftaran akun, jadi proses antara kurir dan konsumen pun tidak terjadi miskomunikasi.

Alhamdulillah, sangat senang melihat reaksi lucu sekaligus gembira dari adik-adik ini. Sayangnya, saat itu sedang waktu sibuk belanja di kedai, jadi ayah dan ibuk tidak ikut serta berfoto.

Kesimpulan

Di zaman yang sudah serba digital ini, jarak bukanlah suatu hal yang menjadikan alasan untuk tidak terhubung. Mulai dari hal-hal kecil dengan support lingkungan digital, jarak yang mulanya jauh kini dapat dipersingkat hingga bisa menembus ruang.

Pun hal nya berbagi kebahagiaan, kini semudah memainkan jemari tangan.

Klik Indomaret bisa menjadi pilihan untuk berbagi kebahagiaan. Sesuai dengan tagline yang diusung easy & safe online shopping, memberikan kemudahan dan keamanan dengan harga terbaik.

Sederet kelebihan aplikasi ini bisa disempurnakan dengan membaiknya sistem.

Misalnya, apabila stok barang tidak tersedia di store Indomaret sekitar, sistem dapat meng-update kembali agar lebih memudahkan konsumen dalam memilih barang.

Terimakasih Klik Indomaret atas pelayanan yang prima dan sangat membantu bagi saya yang terpisah dengan keluarga. Jarak tidak menghalangi untuk tetap menebar cinta bersama orang-orang tersayang, terlebih saat senyuman terlukis di wajah mereka.


Sumber referensi :

Pengalaman pribadi author / Ullya Muflihatin

Ilustrasi oleh Ullya Muflihatin

Aplikasi Klik Indomaret

Related Posts

Posting Komentar