Cara Mudah Agar Tetap Fokus Belajar Online

Posting Komentar

belajar online

Selama masa pandemi covid19 pada 2 tahun lalu, banyak banget hal yang buat diri kita lebih luas melihat dunia. Karyawan yang dirumahkan, pedagang kaki lima yang dilarang buka lapak hingga siswa pun merasakan dampak belajar online di rumah. 

Bund, pasti merasa kelelahan sampai bingung harus bagaimana lagi mengajak anak agar tetap fokus selama belajar online di rumah, kan? Memang saya belum pernah merasakan yang bunda rasakan, tapi saat itu saya di posisi guru yang harus 12 jam mengawasi grup kelas dan sekolah karena komplain orangtua yang melaporkan anaknya tidak fokus belajar.

Kebetulan 2 tahun yang lalu, saya masih berprofesi sebagai guru di salah satu kota swasta di Duri (Blok Rokan). Mulai Senin hingga Sabtu, sekolah online tetap berjalan walaupun durasi belajar per mata pelajaran dipersingkat. Jika pada hari normal jam sekolah dari pukul 7 pagi sampai 4 sore, maka selama pandemi hanya maksimal 4-5 jam saja sehari.

Kalau ditanya bagaimana rasanya harus duduk selama itu di depan laptop, maka jawaban saya sangat melelahkan terutama mata dan pinggang. Ya mau bagaimana lagi, saat sekolah lain sedikit demi sedikit memulai pembelajaran tatap muka, sekolah kami masih diprioritaskan untuk belajar dari rumah. Mengapa? Karena letak sekolah persis di dalam Komplek Pertamina (dulunya bernama Caltex lalu berubah menjadi Chevron) yang melarang adanya pertemuan tatap muka.

Saat sesi belajar via Google Meet, saya sempat menanyakan pada anak-anak apa kendala mereka saat belajar dari rumah. Mayoritas menjawab tidak fokus. Walaupun mereka duduk tenang dan menyimak guru di layar laptop/hp mereka, tetap saja pelajaran tersebut tidak mereka pahami, apalagi untuk materi yang konon katanya sulit dan kebetulan saya pegang, mata pelajaran fisika.

Saya sampaikan pada anak-anak bahwa kondisi yang saat itu mereka hadapi adalah bagian dari proses tumbuh. Proses tumbuh yang seperti apa? Adalah proses untuk bagaimana bisa mengatur waktu dan belajar untuk menprioritaskan apa yang terpenting ketika mereka menjadi seorang pelajar. Karena tugas pokok mereka saat ini hingga mereka tamat sekolah adalah belajar.

Meskipun dengan situasi yang tidak kondusif di rumah, dengan niat yang kuat dan ‘tahu diri’ mereka bisa tetap fokus belajar agar waktu tidak terbuang sia-sia.

mudah

Sisi Lain dari Pandemi Covid19

Karena covid19, hampir segala aspek terkena imbasnya. Kalau kita hanya melihat dari satu sisi saja bahwa virus ini bisa menyerang tubuh atau merumahkan banyak orang, maka coba lihat dari sisi lain.

Setidaknya inilah langkah awal bagi pelajar untuk bisa tetap fokus belajar online dari rumah dengan menggunakan bantuan Google Chrome Ekstensi

1. Block and Focus

ekstensi google chrome
google.com

Saat proses belajar tentulah harus memiliki tingkat konsentrasi tinggi agar dapat fokus dan mencerna informasi dengan baik. Namun saat berusaha ada-ada saja hal yang bisa membuyarkan konsentrasi, misalnya notif Whatsapp dari teman atau berita artis korea favoritmu. Nah, kamu bisa coba install block and focus di PC/laptop untuk menghilangkan notifikasinya.

Ekstensi gratis dari Google ini bisa memilih sendiri website yang hendak kamu block, misalnya Whatsapp Web. Selain itu kamu juga dapat mengatur lama waktu istirahat setelah belajar cukup lama. Notifikasinya akan memberi tahumu untuk kapan mulai and berhenti belajar.

Uniknya, ekstensi ini memberikan sensasi motivasi belajar saat kamu hendak membuka website yang sudah di block tadi. Sehingga membantumu untuk kembali fokus.

2. Dark Reader

dark
google.com

Bukan hanya di layar handphone saja mode gelap dapat diaktifkan. Ternyata di laptop/PC kamu juga bisa, lho! Dark Reader membantumu menjaga mata dari kelelahan setelah seharian belajar online.

Kamu bisa mengatur pencerahan, kontras, sepia dan fitur lainnya. Salah satu fitur yang saya sukai adalah dapat merubah jenis font, apabila kamu bosan dengan font yang begitu-begitu saja ini dia solusinya.

Asyiknya, Dark Reader tidak akan menampilkan iklan. Jadi kamu bisa leluasa menonton tayangan-tayangan pembelajaran atau setidaknya mengikuti quiziz oleh gurumu.

3. Divider Tabs

divider tabs
google.com

Apakah kamu tipe orang yang mudah klik kanan > buka tab baru setiap ada website yang ingin dibuka? Lalu bingung kembali ke tab utama? Ya, kamu bisa gunakan ekstensi ini untuk meringkas waktu perjalananmu di browser.

Divider Tabs membantumu mengatur banyak tab dengan konsep “binder”. Seperti binder kamu bisa mengatur tab khusus seperti tab pendidikan, tab hiburan, dan tab artikel dan lain sebagainya. Kamu juga dapat membedakan antar binder dengan mengubah warnanya.

4. Google Keep

agar tetap fokus

Barangkali saat guru menjelaskan, ada poin-poin penting yang tidak sigap kamu mencatatnya. Harus mencari pena dan kertas dulu sehingga informasinya kelewatan dan buat kamu jadi ga fokus.

Google Keep bisa membantumu dengan langsung tersinkron ke Google Drive. Jadi saat kamu membutuhkan catatan itu lagi, kamu ga akan kehilangan karena sudah tersimpan di GDrive.

Sistem kerja Google Keep ini sama seperti notebook kamu ya

5. Epic Pen

menulis online
epicpen.com

Yang satu ini sebenarnya bukanlah ekstensi Google Chrome, tapi aplikasi yang bisa didownload dan digunakan secara offline

Bagi guru fisika seperti saya, ini sangat sangatlah berguna apalagi tidak punya pentab untuk menulis langsung di layar. Begitupun untuk pelajar, saat ingin menjawab soal matematika atau fisika bahkan kimia, pokoknya mapel yang berhubungan dengan angka bisa banget gunain aplikasi satu ini.

Sebenarnya banyak banget rekomendasi ekstensi dan aplikasi baik di laptop atau hp yang berguna buat ningkatin produktifitas kamu sebagai pelajar. Mungkin lain kali akan dibahas di artikel berikutnya kalau amin-amit pandemi datang lagi. Semoga ga ya.

Salam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar