4 Hal Ini Sebenarnya yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Trimester 1. Apa Saja?

Posting Komentar

Bagi calon ibu, masa-masa kehamilan anak pertama saat trimester 1 adalah adaptasi yang cukup sulit dilalui. Jika untuk makan saja tidak ada masalah, ketika memasuki usia 5-12 minggu sudah ada gejala mual, muntah, hingga pusing ketika hendak menelan makanan.

Berbeda jika baru masuk di minggu 1 hingga 5. Seperti tidak merasakan bahwa sedang hamil. Makan apa saja masuk, bawaannya ingin makan terus. Baru masuk fase ini saja, sudah banyak ujian yang kita lalui sebagai calon ibu, ya. Sungguh hebat para ibu yang bisa melalui prosesnya.

Ngomong-ngomong soal apa saja hal yang bisa dilakukan ibu hamil saat trimester 1, biasanya tak jauh-jauh dari hal-hal berbau tabu. Misalnya, di sekitar tempat tinggal saya, masih mempercayai bahwa ibu hamil harus makan di piring yang cantik dengan sendok yang cantik pula. Kemudian, kalau makan di tempat orang (sebagai tamu), buang sedikit nasinya agar anak tidak pelit saat sudah lahir. Aduh, bagaimana menurut Moms? Masih percaya akan hal ini?

Terlepas dari hal-hal yang belum masuk ke logika ini, sebenarnya ada hal-hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil, utamanya dalam hal makanan yang ia makan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Oleh Ibu Hamil di Trimester 1

1. Memilih Dokter

Bebas bebas saja ingin pergi kemana saat sudah garis dua. Kalau saya akan memilih ke dokter spesialis kandungan. 

Pemilihan dokter ini pun dilakukan seleksi by data dan by testimoni. Namun, saya lebih suka dengan seleksi by testimoni.

Seleksi by data dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya di sosial media dan internet tentang dokter-dokter yang sudah masuk list. 

Sedangkan seleksi by testimoni dengan bertanya pada yang sudah berpengalaman saat mereka hamil dulu. Menurut saya, seleksi seperti ini cukup bagus dilakukan terlebih bagi orang awam dan baru pertama kali mengandung. Meskipun subjektif, namun jika yang ditanyai adalah orang terdekat, saya rasa pandangannya tidak akan menyulitkan kita.

2. Makan Makanan Bergizi

Hal ini tidak hanya penting selama masa kehamilan trimester 1, namun hingga trimester 3 pun juga penting memperhatikan ini. Di trimester pertama, organ penting calon bayi seperti jantung, otak, tulang belakang mulai terbentuk. Oleh karenanya, makanan yang dimakan ibu hamil saat masa ini perannya sangat vital sekali.

Bagi yang suka makan makanan instan, ada baiknya untuk stop sementara waktu. Mengapa? Karena kandungan gizi dalam makanan instan tersebut sangat minim bahkan tidak ada. Jadi, jangan sampai menyesal di kemudian hari jika tidak memperhatikan ini.

Apabila dalam keadaan mual saat akan makan atau mulut terasa pahit sehingga tidak nafsu makan, cobalah dahului minum air panas, bukan air hangat kuku. Biasanya air hangat kuku atau air dingin justru memicu terjadinya mual. Minum saja perlahan-lahan dan nikmati saat mengalir melewati tenggorokan, dada hingga perut. Dijamin akan lebih menenangkan dan kita pun bisa makan lebih banyak untuk calon bayi di perut.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Jangan disepelekan air putih ini ya, Moms. Sebagai informasi, kebutuhan air putih atau air mineral selama hamil justru lebih banyak dibanding saat tidak hamil. 

Seperti yang disebut sebelumnya, jika mual pilihlah dengan minum air panas secara perlahan. Ingat saja, bahwa ada calon manusia yang sedang dibentuk di perut kita. 

4. Batasi Gerak dan Jangan Kelelahan

Bagi Moms yang hamil muda, cobalah untuk lebih berhati-hati saat berkendara, utamanya ketika motoran. Hentakan yang ditimbulkan, akan berdampak langsung pada proses pembentukan janin dalam perut. Pun jika duduk, jangan langsung dihantam, pelan-pelan saja.

Nah, itulah 4 hal yang harus diperhatikan ibu hamil saat memasuki trimester 1. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar