Mari Intip Cara Ini Agar Ponselmu Bersih dengan Digital Decluttering

Posting Komentar

Melakukan digital decluttering, biasanya dilakukan sebagai bentuk penyambutan tahun baru atau sejenisnya. Namun, coba bayangkan jika decluttering ini hanya dilakukan sekali setahun. Wah, akan sebanyak apa sampah digital menumpuk di alat elektronik kita, ya? Pasti banyak banget.


Pembersihan jejak-jejak digital baik di ponsel atau laptop penting untuk dilakukan. Mengapa? Analoginya seperti rumput liar yang tumbuh di halaman rumah yang dapat mengganggu kenyamanan jalan dan pemandangan mata, maka harus segera ditebas hingga ke akar-akarnya. Nah, begitupun dengan ponsel yang menjadi teman kita sehari-hari.


Perangkat yang selalu berada 24/7 disekitar kita, digunakan untuk keperluan apa saja sehingga pastilah banyak menyimpan data digital yang sering dilupakan. Seringkali, karena penuh dengan memori, menyebabkan terganggunya aktivitas digital seperti terhambatnya mengirimkan data di email atau videocam yang tiba-tiba freeze. Tentu ini mempengaruhi produktivitas sehari-hari tanpa disadari.


Ada baiknya mulai sekarang, kita lebih memperhatikan ini untuk merampingkan kembali ruang-ruang digital di ponsel atau sering disebut digital decluttering.


membersihkan sampah digital


Apa Itu Digital Decluttering?


Melansir clear grow shine, digital decluttering adalah tindakan menghapus item yang tidak perlu di ruang digital yang seringkali diikuti dengan mengatur ulang ruang digital. Caranya dengan menghapus dokumen, aplikasi, menghentikan langganan berita, dan semua konten digital.


Cara Melakukan Digital Decluttering


1. Uninstal Aplikasi yang Sudah Lama Tidak Digunakan

Seringkali kita menumpuk sesuatu yang dirasa akan digunakan dalam beberapa waktu kedepan. Nyatanya hal tersebut tidak terjadi sama sekali sehingga menimbulkan sampah digital di ponsel. 


Sekarang, ambil ponselmu dan cek aplikasi yang tidak dibutuhkan kemudian ucapkan selamat tinggal. Jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan aplikasi ini, tinggal unduh di store ponselmu.


2. Hapus Jejak Digital Screenshot

Apakah kamu suka menyimpan foto lucu atau barang yang diinginkan lalu di screenshot? Ini bisa juga membuat memori ponsel penuh, loh. Ada juga data digital lainnya yang harus segera disaring seperti menyimpan foto-foto saat liburan, dokumen tugas kuliah, ataupun rekaman suara ketika curhat dengan sahabatmu.


3. Bersihkan Data Digital (Email, Bookmark, Unfollow Social Newsfeed)


Mulailah berhenti berpikir bahwa suatu hal akan digunakan di masa mendatang. Padahal sesuatu itu sebenarnya sudah tidak relevan lagi dengan kondisi kita beberapa tahun kedepan. Kamu bisa lakukan penyaringan newsletter dari platform belanja online yang menampilkan diskon barang. Jika perlu, unfollow akun sosial media online shop ataupun orang-orang yang tidak dikenal yang berteman dengan kamu. Percayalah, itu akan membuat waktumu menjadi lebih tidak produktif karena berlama-lama di depan layar.


Nah, sudah tau dong ya apa yang harus dilakukan selama digital decluttering ini? Mudah bukan melakukannya? Saya pun juga sering melupakan aktivitas ini, butuh mood untuk memilih kembali file-file penting. 


Tapi, perasaan itu hanya di awal saja. Dengan begitu, ponselmu akan lebih ringan dan sigap menjalankan aplikasi kesayanganmu. Semangat mencoba. 


Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar