Bunda Sedang Apa?

Posting Komentar

Konon, janin mampu merasakan apa yang Moms atau Bunda rasakan dan pikirkan. Pernahkah Moms bertanya-tanya, sinyal seperti apa yang janin berikan? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

 1. Di tengah konser musik ingar-bingar, janin ikut menikmati atau terganggu?

Sebenarnya kondisi ini tergantung suara janin. Janin mulai merespon suara di minggu ke-17 hingga ke-20. Mulai saat itu dia bisa mendengar suara di dalam kandungan seperti bunyi aliran darah, denyut jantung dan suara sistem pencernaan juga suara dari luar seperti musik di konser. Layaknya orang dewasa, janin akan merespon musik yang disukai baik itu musik lembut atau keras. Jika tidak suka, dia akan gelisah dan menendang-nendang. Apakah Moms pernah merasakannya?

2. Di bawah terik matahari, apakah janin selalu kepanasan?

Tidak ya, Moms. Janin membuka mata di minggu ke-22, namun penglihatannya terbatas bahkan setelah lahir pun baru bisa fokus ke payudara hingga wajah Ibu. Saat ibu berjemur di terik matahari, janin bisa melihat sinarnya tapi baru sebagai cahaya hangat. Bila tidak menyukainya, dia akan menunjukkan dengan menendang sebagai 'alarm' untuk Moms.

3. Perut Moms tersenggol sesuatu, apakah janin kesakitan?

Tidak. Sejak minggu ke-17, janin memang bisa merasakan sentuhan dan merespon bila diberi rangsangan tapi rahim Ibu memiliki membran sangat kuat yang melindungi janin. Bila ada tabrakan dengan orang, benda atau berdesak-desakan, cairan amnion dikantung ketuban juga dapat meredam benturan pada janin. Meski demikian, pukulan keras oleh benda tumpul atau jatuh pada posisi perut dikhawatirkan bisa menyebabkan plasenta lepas.



Related Posts

Posting Komentar