Anti Ribet! Ini Dia Cara Belajar Food Preparation Untuk Pemula

Posting Komentar

Saya mau berbagi pengalaman mengenai salah satu kebiasaan baik yang saya laksanakan setelah menikah. Yap, food preparation

Di luar sana, sudah banyak yang bahas hingga buka kelas khusus mendalami cara belajar Food Preparation ini, btw saya juga pernah ikut kelasnya. Alhasil, karena ini blog personal, saya juga ingin membagikan pengalaman versi saya. 

Di berbagai platform seperti Instagram dan Tiktok, metode ini viral hingga jadi tontonan langganan saya kalau lagi suntuk. Jadi waktunya tidak terbuang sia-sia, dapat hiburan plus edukasi juga.


APA ITU FOOD PREPARATION?

Food preparation atau persiapan memasak adalah metode menyiapkan dan menyimpan bahan makanan agar tetap segar walaupun disimpan berhari-hari. 

Tujuan food preparation untuk mengefektifkan waktu memasak, jadi waktu para ibu tidak habis setiap harinya memikirkan menu apa yang akan dimasak untuk hari itu. 

Biasanya food preparation ini dibuat seminggu sekali atau untuk 7 hari ke depan.


MANFAAT FOOD PREPARATION UNTUK PEMULA


belajar food preparation bagi pemula
ilustrasi/unsplash

Ada banyak manfaat yang akan didapat ketika belajar food preparation bagi pemula.

Pertama, kulkas menjadi bersih dan rapi. 

Entah mengapa, ketika lajang saya heran dengan kebiasaan ibu-ibu di sekitar saya, mereka kok betah dengan tampilan dalam kulkas yang semrawut. Plastik ada dimana-mana, tak jarang muncul bau tak sedap. 

Syukurlah saya menemukan metode food prep. Tampak dalam kulkas menjadi enak dipandang, bersih dan terpenting tidak berbau.

Food prep mengajarkan saya untuk menjadikan hunian menjadi hal yang tidak membosankan setiap harinya. 

Saya senang ketika buka kulkas, kotak-kotak makanan tersusun rapi dan serasi. Ini menjadikan aktivitas masak yang saya waspadai menjadi salah satu mood buster di pagi hari.

Baca juga : Jangan Risau Jika Belum Punya Skill Masak Sebelum Menikah

Kedua, mengefektifkan waktu memasak. 

Coba bayangkan seandainya sayuran, daging, ikan, cabe, buah di taroh dalam plastik pasti kebingungan karena plastiknya hitam atau putih semua, kan? Ujung-ujungnya jadi menurunkan mood masak karena lama mencari bahan yang mau dimasak. 

Kalau menggunakan food prep, cobalah untuk pilih kotak yang transparan. Jadi dapat mengefektifkan waktu masak kita. Saya beli kotak yang aman dipakai berlama-lama dan tutupnya semua putih.

Biarpun capek karena mengelilingi pasar terus dilanjutkan food prep, ini lebih baik daripada setiap hari emosi tidak menemukan apa yang dicari. Iya, kan?


LANGKAH FOOD PREPARATION UNTUK SEMINGGU

Kalau ditanya, apa yang harus dilakukan sebelum food prep? Ini berdasarkan pengalaman saya ya, ada baiknya mulai dari meal preparation dulu. 


1. Meal Preparation

Meal preparation diartikan sebagai metode rancangan berbentuk to do list makanan setiap hari. Itu pemaknaan saya loh, ya. Jadi bisa beda makna tiap orang. 

Meal preparation sangat membantu bagi ibu karir ataupun ibu rumah tangga yang setiap harinya bingung mau mengolah bahan baku di rumah.  

Nah ini cara saya. Sebelum berangkat ke pasar, saya biasanya buat note dulu di ponsel yang berisikan menu harian selama 7 hari, setelah itu note tadi disalin ke note kertas. Bisa juga langsung ditulis di kertas dan ditempelkan ke daerah yang sering dilihat ya. 

Awalnya, saya buat menu sesuai hari. Misalnya, Senin masak ayam bumbu, cabe bawang, timun. Selasa masak goreng ikan tongkol, tempe cabe merah. Jadi setiap hari ditentukan menunya seperti itu. Tapi, yang terjadi adalah saya lebih sering tidak mood ketika harus masak menu tertentu sesuai jadwal tadi.

Alhasil, saya sedikit rombak dengan tidak menjadwalkan menu per hari. Jadi cukup membuat menu yang ingin dimasak selama seminggu dan tinggal pilih di hari itu mau masak menu apa di antara 7 menu yang ada. 


2. Siapkan Peralatan Food Preparation

Saya biasa menggunakan kotak transparan dengan tutup warna putih yang punya berbagai ukuran. Di e-commerce lebih banyak lagi warna, bentuk, bahan yang ditawarkan, silahkan dicek. Kemudian pilih kotak makanan yang BPA Free.

Oh ya, siapkan juga tisu makanan untuk meletakkan sayur tertentu.

Berikutnya, mari kita bahas sedikit ilmu yang saya dapatkan dari kelas Food Preparation dan sumber-sumber lainnya.


Tips Untuk Food Preparation Ala HaiUn


1. Cabe 

Penyimpanan cabe agar awet dan lebih tahan lama, saya sudah uji coba dengan cara ini, hasil contekan tante saya.

Caranya dengan memisahkan batang cabe yang hijau dan badannya, kemudian badan cabe dimasukkan ke wadah tertutup. Jangan lupa di alasi tisu agar penguapannya dapat diserap, jadi cabe tidak mudah busuk. Karena stok kotak di rumah belum banyak, saya manfaatkan kotak sepatu untuk masing- masing cabe merah dan hijau.


2. Daging Ayam dan Ikan

Untuk perdagingan, saya biasakan menyucinya dulu dengan bilasan air mengalir. Setelahnya saya masukkan ke kotak untuk diplot penggunaannya. 

Biasanya, untuk daging ayam saya beli 1/2 badan bisa dimasak 2 menu. Jadi ada 2 kotak ayam. Sedangkan ikan, saya biasa beli satu ekor ikan sisik yang langsung dimasak.  

Untuk ikan, saya cucurkan air perasan asam jeruk guna menghilangkan amis. Kalau daging ayam, saya ungkap lebih dulu sebelum disimpan di kulkas dengan garam dan bawang putih, untuk rasa yang gurih saya tambahkan ketumbar bubuk, lada, dan penyedap. 

Baru setelahnya disimpan di kulkas, oh ya tunggu ayamnya hingga dingin dulu ya baru di ungkap. Mengungkap ayam ini tujuannya agar sewaktu-waktu ayam dikeluarkan dari kulkas dapat langsung dimasak.

Beda ayam dan ikan, beda lagi daging sapi. Kalau daging sapi ini, jangan dicuci sampai hendak dimasak. Artinya, biarkan saja masuk kulkas dalam keadaan amis, dicuci ketika mau dimasak saja. Kalau dicuci dulu sebelum disimpan, daging sapinya jadi alot.


3. Sayuran

Saat membeli sayuran, pilihlah yang masih segar dan tidak layu. Ketika hendak disimpan, buang bagian yang layu karena akan merusak bagian sayuran lainnya dan jangan dicuci dulu. 

Lalu kapan waktu yang tepat mencuci sayur? Sebaiknya mencuci sayur dilakukan sebelum memotongnya karena kalau dipotong dulu baru dicuci menyebabkan kandungan akan larut bersama air.

Menyimpan sayuran bisa di kotak plastik dan tetap alasi dengan tisu atau bisa juga gunakan tempat yang sudah ada lobangnya. 

Untuk daun bawang dan seledri, usahakan penggunaannya langsung habis satu tangkai. Saya pernah menggunakan sedikit sedikit daun bawang, 2 hari setelah itu sudah busuk. 

Jadi memang daun bawang ini tipe yang setia, kalau temannya dipakai, dia juga harus dipakai, apa tipe pencemburu ya? 


4. Bumbu Dasar

Food preparation bumbu dasar ini seperti bawang merah dan putih, rempah-rempah dan kawan-kawannya. Saya bukan orang yang suka menghaluskan bumbu dasar atau beli jadi di pasar, sebaliknya saya mau suka rela membuka per-bawangan ini dan rempah-rempah, karena keunggulannya bumbu kasar lebih beraroma dan segar, juga lebih sehat sih.

Taruh perbawangan di tempat yang terbuka, jangan sekali kali letakkan di kulkas karena akan lembab dan mudah busuk, begitupun dengan kentang. 


PENUTUP

Bagaimana menurut teman-teman setelah membaca pengalaman saya di atas? Memang awalnya butuh niat untuk melakukan itu semua, tapi siapa sangka saya sudah setiap minggu melakukan ini. Tanpa saya sadari ternyata Food Preparation bisa menjadi meditasi pekanan saya sambil memutar lagu di playlist atau podcast. Cukup menghibur dan bantu mendistraksi penggunakan ponsel. FYI, untuk Food Preparation saya menghabiskan waktu 2 sampai 3 jam.

Semoga artikel ini bisa membantu dan menyemangati teman-teman, khususnya buat istri baru seperti saya yang belum banyak ilmu soal perdapuran. Selamat mencoba dan selamat hidup!


Related Posts

Posting Komentar